TIK Dalam Pendidikan (Bagian 2-habis)

web1vsweb2 (1)

Perkembangan TIK dalam dunia pendidikan terus melaju dengan sangat pesat, terutama sejak awal tahun 2000. Leslie mengungkapkan bahwa penggunaan internet bandwidth pada awal tahun 2000an diketahui sangat meningkat, sehingga pengembangan TIK khususnya pada bidang pendidikan terus berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya Web 1.0 yang mengacu pada implementasi pertama dari Web dengan ciri utama yaitu memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dan membacanya. Tujuan utama dari Web 1.0 adalah menghadirkan informasi secara online dan membuat informasi tersebut tersedia bagi siapa saja setiap saat.

Perkembangan TIK yang selanjutnya adalah hadirnya Web 2.0 yang mengacu pada tren jejaring sosial. Yaitu fasilitas web yang dibuat oleh pengembang perangkat lunak sebagai layanan sosial dan dimanfaatkan oleh pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain di dunia maya. Jejaring sosial yang telah ada selama beberapa tahun belakangan biasa dikenal dengan forum, chatting, wiki, blog, facebook, twitter, dll).

web.3.0Perluasan dari Web versi 2.0 adalah Web 3.0 dimana konten pada situs memiliki aplikasi kecerdasan buatan yang semakin terintegrasi dengan web itu sendiri. Selain itu, pengguna juga dapat meningkatkan perannya dalam menggunakan dan memiliki database informasi yang beragam dari berbagai web. Integrasi antara web dengan aplikasi kecerdasan buatan dapat digunakan pada perangkat pribadi seperti mp3 player, telepon seluler, TV, dan lain-lain, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses dan mempublikasikan konten pada website.

Dengan demikian, perkembangan website mulai versi 1.0 hingga versi 3.0, pada saat ini menunjukkan bahwa penggunaan TIK di dunia semakin berkembang pesat. Hal tersebut bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, yaitu dengan memanfaatkan keterhubungan pada berbagai komponen yang ada di dunia pendidikan seperti guru, siswa, materi pembelajaran, aplikasi pendukung pembelajaran, serta teknologi pendukung lainnya ke dalam jaringan web saat ini. Komponen-komponen tersebut dapat saling terhubung dan berkolaborasi sehingga proses pembelajaran dapat terjadi dan berkembang seiring dengan berkembangnya TIK.

Referensi yang saya baca dan saya kutip untuk melengkapi tulisan “TIK dalam Pendidikan” di atas adalah :

1). Leslie Paas, 2008. How Information and Comunication Tehnologies can Supoort Education for Sustainable Development; Current Uses and Trends. Canada : International Institute for Sustainable Development, p. 4.

2). http://anamsh13.blogspot.com/2010/10/web-is-logarithmic-curve-it-keeps.html.

3). http://lifeboat.com/ex/web.3.0

Credit Photo By http://www.flickr.com/photos/rldaly/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s